- Kesehatan

Ternyata Inilah Manfaat Dari Meminum Susu Kuda Liar!

Sebagian besar orang lebih menyukai minum susu sapi ketimbang jenis susu lainnya, termasuk susu kuda liar. Ya, hal itu memang benar adanya, dimana susu kuda liar itu tidaklah sepopuler susu sapi. Namun tahukah kamu? ternyata susu kuda liar tersebut sudah dikonsumsi sejak abad ke 19 lho. Lalu, seperti apa sajakah manfaatnya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat dari susu kuda liar, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki Kandungan Gizi Yang Sama Dengan ASI

Susu kuda liar merupakan susu hewan yang mempunyai gizi paling mirip dengan ASI manusia. Berdasarkan dari hasil penelitian, ASI mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti asam lemak omega 3, omega 6, karnitin, vitamin (A, C, D, E, K), riboflavin, niasin, asam panthothenic, dan karbohidrat. Menurut kabar yang beredar, banyak rumah bersalin di Negara Eropa yang menggunakan susu kuda liar sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh bagi bayi yang baru lahir lho.

2. Sangat Cocok Bagi Mereka Yang Alergi Pada Susu Sapi dan Intoleransi Lakotsa

Berdasarkan dari hasil penelitian, susu kuda liar mempunyai kandungan protein kasein yang lebih rendah ketimbang susu sapi. Akibatnya, susu kuda liar menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan, mengapa susu kuda liat sangat direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi, ataupun bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan asam amino pada susu kuda liar ini jau lebi lengkap dari susu sapi.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sudah sejak dari dulu, susu kuda liar ini kerap dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengobati berbagai masalah pencernaan akibat serangan bakteri jahat dalam usus, seperti diare dan infeksi usus. Ya, susu kuda liar mempunyai kandungan lysozyme dan lactoferin, yang dapat membatasi serta menahan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus.

lysozyme itu sendiri merupakan enzim yang berperan sebagai agen antimikroba, sedangkan lakteferrin adalah zat yang bertugas sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat imun tubuh. Dengan kata lain, kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar dapat berperan sebagai probiotik, karena ia mampu mempromosikan pertumbuhan bakteri baik seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

4. Untuk Perawatan Kecantikan

Menurut informasi yang di dapat, susu kuda liar memiliki manfaat sebagai pelembab alami yang dapat membantu dalam meregenerasi kulit, serta bisa memperlambat proses penuaan dini. Bukan hanya itu, susu kuda liar juga sudah terbukti efektif dalam mengatasi dan mencegah masalah jerawat lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, susu kuda liar bisa membantu penyembuhan pada beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, dan neurodermatitis.

5. Rendah Kalori

Keunggulan berikutnya dari susu kuda liar yang harus kalian ketahui, yakni memiliki kalori yang rendah. Pada setiap 100 gram susu kuda liar itu hanya menghasilkan 44 kalori, yang jauh lebih rendah daripada susu sapi yang mencapai 64 kalori. Disamping itu, susu kuda liar juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keunggulan dari susu kuda liar, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mulai mengonsumsinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *