- Informasi

Fakta-fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Hiu Purba Megalodon

Berita Terkait dengan Megalodon | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Hiu adalah mahluk paling ganas dan menyeramkan di lautan. Hiu prasejarah Megalodon adalah spesies hiu yang telah punah. Megalodon berarti gigi besar. Megalodon hidup antara tahun 23juta tahun hingga 2.6juta tahun yang lalu di masa Miosen awal sampai Pliosen akhir.

Hiu Megalodon masuk dalam golongan famili Lamnidae yang menunjukkan bahwa hiu ini satu kerabat dengan hiu putih. Nama latin dari Megalodon adalah Otudus megalodon.

Fakta-fakta tentang hiu megalodon:

1. Hiu purba ini panjangnya mencapai 18m, hingga menjadikannya sebagai ikan terbesar di lautan. Bila dibandingkan dengan ikan hiu putih yang hidup di jaman sekarang, panjangnya cuma sepertiga panjang megalodon atau sekitar 4m – 6m. Megalodon biasa punya berat antara 12ton – 60ton. Untuk kasus langka seekor megalodon panjangnya dapat mencapai 20ton dengan berat hingga 70ton.

Selain itu hiu lain hanya menyerang jaringan lunak mangsanya, megalodon dapat menggigit mangsanya sampai ke tulang. Peneliti mempercayai jika megalodon berenang berkelompok sehingga megalodon lebih kuat dan semakin sulit untuk dibunuh.

2. Makanan dari hiu megalodon adalah ikan-ikan besar. Ikan- ikan besar yang dimakan megalodon diantaranya adalah ikan paus bungkuk. Ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil ikan paus dengan gigi megalodon menempel di fosil ikan paus tersebut.

3. Hiu Megalodon punya bukaan mulut yang sangat besar. Untuk memakan ikan yang berukuran besar, megalodon harus membuka mulutnya dengan sangat besar. Diperkirakan oleh peneliti bukaan rahang megalodon mencapai 2.7m – 3.4m. Ukuran ini sangat besar, bisa menelan dua orang dewasa yang berdampingan sekaligus.

4. Gigitan Megalodon sangat kuat

Megalodon mempunyai 276 gigi dengan rahang yang sangat kuat. Gigitan manusia punya kekuatan tercatat sekitar 1.317 Newtons. Dari studi menunjukkan, gigitan hiu megalodon punya kekuatan 108.514 Newtons sampai 182.201 Newtons.

Diperkirakan oleh peneliti, gigitan megalodon mempunyai kekuatan enam kali lebih kuat dari gigitan Tyrannosaurus Rex. Artinya hiu megalodon adalah hewan yang punya gigitan terkuat dari semua hewan yang pernah hidup di dunia ini.

5. Megalodon tersebar di seluruh dunia

Megalodon hidup di seluruh dunia, ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil di Amerika Selatan dan Utara, Eropa, Australia, Selandia Baru, Jepang, India, Afrika, Puerto Rico, Kuba, Jamaika, Malta, Kepulauan Canary dan Grenadines. Megalodon juga mempunyai umur panjang sekitar 20 tahun sampai 40 tahun.

Megalodon disebut hewan homotermik yang artinya mampu mempertahankan suhu tubuh secara stabil walaupun diluar dari lingkungan hidup megalodon.

Tapi peneliti belakangan menemukan megalodon akan pergi ke dekat pantai untuk melahirkan. Ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil dari bibit megalodon di Panama. Walaupun bayi megalodon yang baru lahir punya ukuran sekitar 2.1m sampai 4m, tapi masih rentan dari predator seperti hiu lainnya.

6. Megalodon adalah hiu yang sangat cepat

Megalodon selain besar juga sangat cepat.

Tahun 1926, seorang peneliti menemukan kolom vertebral dari megalodon.

Diketahui bentuk tulang belakangnya yang unik. Megalodon dapat mengunci mangsa dengan rahangnya yang kuat, lalu menariknya sampai daging mangsanya robek. Megalodon juga dapat berenang dengan kecepatan mencapai 22 km/jam.

Megalodon disebut sebagai Apex predator yang besar sekali dan pernah mengarungi lautan dengan kecepatan yang tidak tertandingi oleh spesies hiu yang hidup sekarang.

7. Kepunahan Hiu Megalodon

Kepunahan hiu megalodon diperkirakan di akhir jaman Pliocene atau sekitar 2.6juta tahun lalu. Ini adalah fase saat bumi memasuki musim dingin secara keseluruhan.

Kepunahan dimulai pada hewan-hewan yang lebih kecil dimana hewan-hewan kecil itu tidak mampu bertahan dengan suhu air yang terus menurun.

Megalodon adalah predator yang merupakan puncak rantai makanan, ikut terkena akibatnya karena tidak ada makanan yang tersedia hingga menjadi punah.

Diperkirakan juga megalodon tidak dapat bertahan di keadaan suhu yang dingin.

Itulah fakta-fakta tentang hiu megalodon. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *